Portal Informasi dan Berita Terhangat

Selasa, 23 April 2013

Cara Merawat dan Memelihara Sugar Glider

Apakah anda sedang memelihara Sugar Glider? jika iya, sebaiknya anda perlu memperhatikan hewan imut yang satu ini. Sugar Glider adalah binatang marsupial sejenis dengan kanguru, saat masih kecil menghabiskan waktu yang singkat perkembangan di dalam perut ibunya dan sangat kecil pada saat lahir. Sugar Glider sering ditemui di pohon kecil yang hidup di hutan belantara Indonesia (Papua), Papua Nugini, hingga Tasmania. Hewan ini adalah hewan asli dari Indonesia, dan kebanyakan hidup di hutan Papua.

Cara Merawat dan Memelihara Sugar Glider

Berikut adalah Perawatan yang harus anda lakukan sebelum memeliharanya lebih jauh.

Cara Merawat dan Memelihara Sugar Glider


Kandang
1. Jangan membiarkan berdiam di bawah sinar matahari, karena dapat menyebabkan penyakit katarak bagi hewan ini.
2. Jangan menempatkan kandang di ruangan ber-AC.
3. Taruh cabang-cabang pohon, dan sarang untuk tinggal dan sembunyi.
4. Semakin besar kandang , semakin bagus karena hewan ini senang melompat dan memanjat.
5. Perhatikan kebersihan, dan bersihkan kandang secara teratur
Makanan
1. Makanan bayi (bubur susu), madu, yogurt, sayuran / buah-buahan seperti apel, wortel, ubi, pisang dll
2. boleh telur rebus, keju, dog/cat food
3. khusus untuk pelet cat food, pilih yg high protein..minimal 30% keatas pilih yg bahan dasar ayam & magnesiumnya rendah jangan lebih dari 0,01% sebab merusak ginjal.
4. kalau pelet kitten food sebaiknya diberi minum yang banyak
5. SG butuh makanan yg high protein, high kalsium, low phospor, low fat, etc
Cara menjinakkan
Pada hari pertama SG tiba di rumah, sebaiknya dibiarkan dulu selama 1-2 hari untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya sehingga dia tidak merasa asing lagi. SG juga bisa diletakkan di ruangan di mana kita biasa melakukan aktivitas sehari-hari . Setelah terbiasa, kita bisa mulai mencoba untuk menawarkan treat berupa jangkrik atau ulat. Setelah SG terlihat lebih tenang, perlahan-lahan masukkan tangan ke dalam kandang, dan makanan diletakkan di atas telapak tangan sampai Sugar Glider mau menghampiri. Biasanya pada siang hari saat tidur, SG lebih tidak aktif. Perlahan masukkan tangan dan lihat reaksinya. Jika tidak ada reaksi mengancam, perlahan-lahan sentuh bagian tubuhnya (dielus perlahan). Cara lain adalah dengan memberikan kantung untuk Sugar Glider, bisa dari kaos kaki. Sugar Glider sangat suka bersembunyi di dalamnya. Setelah itu kita bisa membawanya di dalam kantong tersebut melakukan aktivitas sehari-hari kita. SG bisa diletakkan dalam kantong celana yang tidak terlalu ketat. Intinya dibiasakan agar Sugar Glider kenal dengan bau kita, dan pada saat tidur itu dia merasa cukup tenang. Setelah terbiasa, Sugar Glider biasanya akan lebih jinak dan bisa diajak bermain-main.

Info Sugar Glider 
Nama Latin: Petaurus Breviceps
Asal lokasi : Indonesia, Australia, Papua.
Badan:12.7cm Ekor: 15cm
Berat: Jantan140g Betina120g
Umur Dewasa: Jantan 6bulan; Betina 8-12 bulan
karena umur 1 tahunpun sudah dewasa kelamin..tetap jangan dikimpoi dulu
Jumlah anak: 1-2, bisa 3 ekor meskipun jarang
Masa Hamil: 14-16 hari
Musim kimpoi: tidak ada musim tertentu
Makanan: Elm Sap, Pollen, Madu, Serangga
Sugar glider adalah mamalia marsupial, seperti kangguru. Mamalia marsupial hanya menghabiskan waktu yang singkat perkembangan di dalam perut ibunya dan sangat kecil pada saat lahir. Setelah lahir, bayi marsupial akan merangkak ke kantong ibunya dan pemberian makanan lewat susu ibunya dan terus tumbuh dan berkembang.

Nah, sudah taukan cara merawat dan memelihara sugar glider, jangan lupa membagikan artikel ini kepada kawan anda yang masih belum tahu cara merawat hewan ini. Terimkasih :)

Cara Merawat dan Memelihara Sugar Glider Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Mira Yana Renata